Jumat, 27 Februari 2015

Tips Lancar Membaca

7  Tips Lancar Membaca
1) sebelum membaca haruslah tahu lebih dahulu apa tujuan dari membaca itu.
Maksudnya adalah, dengan menentukan tujuan dari membaca, kita akan mengetahui apakah bacaan tersebut sesuia dengan kebutuhan kita atau seperti yang kita inginkan. Tujuan membaca sangat mendukung untuk bias mahir dalam membaca lancar.
2) Jadikan membaca sebagai suatu kegemaran, bukan suatu keterpaksaan.

Banyak sekali pada masa sekarang,
anak-anak menganggap bahwa membaca itu adalah suatu beban bagi mereka, padahal dengan banyak membacadapat menambah ilmu, dan dengan membaca ini juga akan membiasakan kita dalam membaca, dengan kita membiasakan membaca maka makin lama kita akan lancer dalam membaca.
3) Dalam membaca sikap tubuh sangat berpengaruh.
Membaca lancer memerlukan konsentrasi yang tinggi, tidak baik membaca dalam posisi tegang. Kondisi seperti ini justru menjadi penghambat lancer dalam membaca. Untuk itu ambillah posisi santai saat membaca, atau pastikan pada saat membaca posisi badan tegak, tidak bungkuk, dan pastikan jarak antara buku dengan mata kurang lebih dari 30 cm.
4) Konsentrasi dalam membaca.
Konsentrasi yang penuh menghindari kita dari melamun atau pikiran yang melayang-layang. Kesulitan dalam berkonsentrasi menunjukkan kelancaran membaca akan rendah, untuk itu, usahakan agar selalu berkonsentrasi ketika membaca dan pilihlah waktu yang sesuai, yaitu waktu dimana tidak terdapat gangguan, baik dari luar maupun dari diri kita. Sebagian besar orang berpendapat waktu yang baik untuk membaca, khususnya buku pelajaran adalah pagi hari.
5) Hilangkan suara batin.
Ketika membaca, selalu diikuti denga suara yang ada dalam hati kita. Suara inilah yang akan memperlambat kelancaran dalam membaca. Untuk itu, cobalah untuk menghilangkannya, nampaknya hal ini membutuhkan usaha yang gigih, untuk itu berlatihlah melawan itu semua agar tercapainya kelancaran dalam membaca.
6) Membaca dengan suara yang nyaring dan haruslah selalu memahami kata-kata apa yang dibaca sebelum mengucapkannya. Apabila belum merasa begitu lancar membaca dengan suara nyaring, sebaiknya melatih diri dengan membaca sedikit setiap hari, usahakanlah supaya membaca tidak terputus-putus dan semua kata diucapkan dengan tepat dan jelas.
7) Menggunakan tangan sebagai alat penunjuk atau penuntun.
Gerakkan tangan secara perlahan kebawah garis buku baris demi baris dan gerakkan tangan, yang terpenting arah pandang mata tertuju atau terfokus dimana tangan diletakkan. Dengan menggunakan jari sebagai alat penunjuk, ini dapat menghilangkan suara batin. Tapi banyak yang beranggapan bahwa campur tangan jari ketika membaca dapat mengganggu konsentrasi. Padahal hal ini justru akan menjadikan kita untuk fokus dan berada pada kelancaran membaca yang konstan.

sumber :  http://edukasi.kompasiana.com/2013/03/27/-7-tips-lancar-membaca-545728.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar